Thursday, February 20, 2014

Browse Manual » Wiring » » » » » » » » » » Cara Mengatur Windows Update dan Mengatasi Tidak Bisa Logon

Cara Mengatur Windows Update dan Mengatasi Tidak Bisa Logon


Jika Windows 7 disetting untuk download update dari microsoft, saat komputer terhubung dengan internet maka secara otomatis akan men-download file-file update dari situs microsoft. Namun keadaan ini tergantung dari pengaturannya. Bagaimana cara kita mengatur agar windows bisa mendapatkan update terbaru dari microsoft

Bagaimana cara pengaturannya bisa dilihat dibawah ini:

Masuk ke Control Panel >System and Security >Windows Update
Kemudian pada halaman ini kilk Change Settings dan pilih apa yang ada di dalam kotak di bawah tulisan "Important Updates". Kemudian klik OK.
Rekomendasi saya supaya memilih "Download updates but let me choose whether to install them" agar nantinya setiap kita mematikan komputer, kita tidak selalu disuguhi perintah untuk menunggu dan jangan mencabut colokan listrik karena proses instalasi update sedang berlangsung.

Keadaan ini mungkin tidak berpengaruh apabila kita berada di dalam rumah. Namun bagaimana jika ini terjadi di luar rumah, misal di sekolah, di kampus, di kantor atau di cafe saat kita memakai notebook atau komputer jinjing dan kita terburu-buru untuk pulang?

Jika proses instalasi update windows tidak berjalan sempurna maka bisa mengakibatkan windows kita menjadi ERROR. Jangan kaget jika saat kita menyalakan lagi komputer akan muncul pesan "The User Profile Service failed the logon. User Profile cannot be loaded". Pesan ini menandakan bahwa kita tidak bisa masuk ke dalam windows kita. 

Panik ya...? 

Pastilah ada rasa panik, karena kita tidak bisa menggunakan komputer untuk beraktivitas dan khawatir dengan data-data penting kita yang ada di dalam komputer.

Ada beberapa langkah cara untuk mengatasi jika windows tidak bisa logon. Pertama, restart komputer kita, bisa memakai menu pilihan atau tekan CTR+ALT+DEL.  Pada saat layar padam lalu terus tekan F8 sampai muncul halaman menu "Advanced Boot Options". Pilih menu "Repair Your Computer". Muncul Select keyboard input method kemudian tekan Next >User name dan Password tekan Next >Choose a recovery tool pilih Startup Repair. Tunggu beberapa saat sampai proses perbaikan selesai.

Jika proses perbaikan Startup selesai dan ada pesan bahwa terjadi kegagalan, jangan panik dulu. Coba restart komputer dan biarkan sampai proses Logon. Penulis pernah mengalami sendiri, walaupun ada peringatan kegagalan dalam proses perbaikan namun netbook bisa Logon kedalam windows.

Namun bagaimana jika proses ini tidak juga berhasil? Jangan panik lagi... 
Jangan gunakan pilihan recovery tool ini dulu. Simpan dulu keinginan untuk memilih cara recovery untuk pilihan di bawahnya.

Kedua, coba tanyakan kepada GOOGLE, nah ini yang penulis dapatkan.
Cara selanjutnya walaupun ini agak riskan namun apa salahnya kita mencoba. Restart komputer dan terus tekan F8. Saat muncul halaman Anvanced Boot Options, pilih menu Safe Mode. Tunggu hingga proses loading selesai dan muncul halaman windows dalam mode safe. 
Cara ini saya ambil langsung dari situs microsoft:
  1. Klik Start
  2. Ketik "regedit" (tanpa tanda petik) ke dalam kotak Search programs and files dan tekan enter.
  3. Di dalam Registry Editor masuk ke:                                                 HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindows NTCurrentVersionProfileList
  4. Di dalam panel sebelah kiri cari folder name dengan awalan S-1-5 dan diikuti rangkaian angka yang panjang.
  5. Jika ada dua folder name yang sama dan salah satunya diakhiri dengan kata .bak maka hapuslah akhiran .bak dan pindahkan ke dalam folder name tanpa akhiran .bak. Jika hanya ada satu folder name dengan akhiran .bak maka tinggal hapus aja akhiran .bak tersebut.
  6. Pilih foder name tanpa akhiran .bak. Di panel sebelah kanan, klik dua kali RefCount dan isi Value data dengan angka 0 selanjutnya klik OK.
  7. Kemudian klik dua kali State dan isikan Value data dengan angka 0 dan klik OK.
  8. Tutup Registry Editor dan restart komputer.
  9. Logon dengan account anda.
...JRENG...JRENG...YAAAY..penulis berhasil Logon ke dalam windows. Dua kasus yang penulis alami berhasil dengan dua cara yang berbeda. Kenapa ini bisa terjadi? Mungkin dalam dua kasus ini terjadi perbedaan saat dalam proses instalasi update windows dan saat mematikan komputer belum terjadi penghapusan folder profil pengguna secara sempurna.

BTW...kalau mungkin anda kurang jelas dengan cara yang kedua, silahkan menuju ke sumbernya: DI SINI
  

No comments:

Post a Comment